Rabu, 01 Januari 2014

ANAK DAN MEDIA



Anak & media : Lebih menarik mana? Film Cars atau Crayon Shinchan?



 

Bonny, nama panggilan nya. Ia saat ini berumur 7 tahun, ia adalah sepuou saya. Bonny merupakan anak yang pendiam pada awalnya terutama kepada orang yang baru saja ia temui, namun jika ia sudah kenal lama dengan orang tersebut ia akan selalu mengajak bercerita atau mengajak main orang tersebut. Saya memiliki kedekatan dengan ia karena ia sering main kerumah saya, sehingga mudah untuk mencari informasi darinya.

            Pada waktu itu 29 Desember 2013, saya bertemu dengan dia karena ada acara keluarga. Kemudian saya bertanya dengan dia apa saja film kartun kesukaannya, kemudian ia menjawab Film Cars & Film Crayon Shinchan. Ia menonton Film Cars & Film Crayon Shinchan dalam bentuk kaset dvd, namun jika ia hari minggu bangun pagi ia menonton Film Crayon Shinchan di RCTI.

            Setelah saya mengetahui Film-film yang disukai Bonny, tidak sulit bagi saya untuk mencari tahu Film Cars dan Film Crayon Shinchan karena saya sering menontonnya. Film Cars dan Film Crayon Shinchan adalah film full kartun, Film Cars menceritakan mengenai bagaimana sebuah mobil ingin menjadi pembalap yang handal namun ia terlalu sombong dengan apa yang telah dimilikinya serta mempunyai ambisi yang kuat. Film Crayon Shinchan bercerita mengenai seorang anak berumur 5 tahun yang lucu dan nakal, namun kenakalannya melebihi anak di usia seumurnya sehingga sering menimbulkan masalah bagi orang-orang yang disekitarnya misalnya guru, ayah, teman-temannya, terutama ibunya sendiri. Perilaku Shinchan nakal dan sulit diatur dan kenakalannya lebih kepada kenakalan orang dewasa.
           

Data umum
Jenis : Film Kartun
Judul : The Cars
Durasi: 117 menit.
Jenis : Film Kartun
Judul : Crayon Shinchan
Durasi : +/- 60 menit
Penyampaian content
Full Kartun

Full Kartun
Content
Bercerita tentang mobil-mobil pembalap dengan bumbu persahabatan yang membuat tokoh utama dalam film ini Lightning McQueen yang awalnya sombong menjadi tidak sombong karena bantuan teman-temannya dan karena keinginannya untuk berubah
Bercerita tentang seorang anak kecil berumur 5 tahun yang memiliki kenakalan yang tidak seharusnya dilakukan oleh anak kecil, Shinchan selalu membuat keributan terhadap orang-orang disekitarnya terutama jika ia melihat seorang wanita
Tujuan / materi yang ingin disampaikan/pelajaran yang bisa diambil
·        Tidak boleh sombong dengan apa yang sudah dimiliki
·        Mempunyai teman itu menyenangkan
·      Bagaimana rutinitas anak-anak pada masa TK
·      Bagaimana kenakalan-kenakalan seorang anak dan permasalahan yang dihadapi oleh orangtua serta cara mengatasi kenakalan tersebut
Sasaran pembaca/penonton
·      Semua umur namun lebih cocok untuk anak-anak karena bisa mengajarkan mengenai persahabatan dan jika ingin mencapai sesuatu yang diinginkan harus penuh dengan perjuangan
·      Cocok untuk laki-laki karena film ini berupa mobil-mobil
·         Lebih cocok untuk orang dewasa karena cerita dari film ini adalah kebanyakan mengenai kenakalan orang dewasa
·         Cocok untuk laki-laki ataupun perempuan karena karakter di dalam film ini tidak hanya laki-laki saja yang banyak muncul, namun perempuan juga
Pengemasan media (kelebihan & kelemahan)
(+) Sesuai dengan tujuan yaitu mengajarkan persahabatan dan jika ingin mencapai sesuatu harus melalui proses
(-) Sedikit monoton karena hanya menampilkan mobil-mobil saja dan alur cerita mudah ditebak
(+) Menampilkan keluarga yang masing-masing memiliki karakter berbeda namun tetap bersatu, menampilkan kegiatan-kegiatan anak taman kanak-kanak yang banyak bermain
(-) Tidak bagus untuk anak kecil karena banyak menceritakan kenakalan daripada kebaikan serta kenakalan yang ditampilkan adalah kenakalan orang dewasa
Teori yang relevan
Eri Tahap perkembangan menurut Erikson, krisis psikososial yang dihadapi sebagai “Industri Versus Inferioritas”. “Industri” yang dimaksud adalah kemampuan seorang anak dalam menguasai tugas perkembangannya (kepandaian), sedangkan “Inferioritas” merupakan perasaan dimana seorang anak merasa rendah diri dan kepercayaan dirinya turun akibat suatu kegagalan dalam memenuhi standar  yang ditetapkan orang lain untuk anak.




Teori:

      Erikson menyatakan krisis psikososial yang dihadapi sebagai “Industri Versus Inferioritas”. “Industri” yang dimaksud adalah kemampuan seorang anak dalam menguasai tugas perkembangannya (kepandaian), sedangkan “Inferioritas” merupakan perasaan dimana seorang anak merasa rendah diri dan kepercayaan dirinya turun akibat suatu kegagalan dalam memenuhi standar  yang ditetapkan orang lain untuk anak.

1.      Hubungan dengan orang terdekat anak meluas hingga mencakup teman sekolah dan guru.

2.      Anak usia sekolah secara normal telah menguasai tiga tugas perkembangan pertama (kepercayaan, otonomi, dan inisiatif) dan saat ini berfokus pada penguasaan kepandaian (Industri).

3.      Perasaan industri berkembang dari suatu keinginan untuk pencapaian.

4.      Perasaan inferioritas dapat tumbuh dari harapan yang tidak realistis atau perasaan gagal dalam memenuhi standar yang ditetapkan orang lain untuk anak. Ketika anak merasa adekuat, rasa percaya dirinya akan menurun.

b.      Anak usia sekolah terikat dengan tugas dan sktivitas yang dapat ia selesaikan.

c.       Anak usia sekolah mempelajari peraturan, kompetensi, dan kerja sama untuk mencapai tujuan.

d.      Hubungan sosial menjadi sumber pendukung yang penting semakin meningkat.

                  Sosialisasi

a.       Masa usia sekolah merupakan periode perubahan dinamis dan kematangan seiring dengan peningkatan keterlibatan anak dan aktivitas yang lebih kompleks, membuat keputusan, dan kegiatan yang memiliki tujuan.

b.      Ketika anak usia sekolah belajar lebih banyak mengenai tubuhnya, perkembangan sosial berpusat pada tubuh dan kemampuannya.

c.       Hubungan dengan teman sebaya memegang peranan penting yang baru.

d.      Aktivitas kelompok, termasuk tim olahraga, biasanya menghabiskan banyak waktu dan energi.



Analisis dari kedua media :

            The Cars menceritakan mengenai perlombaan terakhir kejuaraan Piala Piston, pembalap veteran yang akan pensiun Strip "The King" Weathers, langganan runner-up yang licik Hicks Chick, dan pembalap baru yang sombong Lightning McQueen berhasil mengakhiri lomba secara bersamaan. McQueen sangat ingin memenangkan lomba, karena akan membuatnya dapat meninggalkan sponsor produk “Rust-Eze”, cairan perawat karat untuk mobil tua, dan berpindah pada sponsor dari tim Dinoco yang lebih bergengsi dan kini menjadi tempat “The King”. Untuk itu, McQueen perlu bersaing dengan Hick Chick yang juga menginginkan sponsor yang sama. McQueen sangat bersemangat untuk memulai latihan di California sesegera mungkin sehingga memaksa kendaraan pengangkutnya, Mack, untuk melakukan perjalanan tanpa istirahat sepanjang malam ke California.

            Saat perlombaan penentuan dimulai, pikiran McQueen's masih terhanyut oleh kenangannya di Radiator Springs sehingga ia kurang baik dalam membalap. Namun, dia terkejut ketika mengetahui bahwa teman-teman barunya dari Radiator Springs telah datang bersama-sama dan menjadi kru pit-nya bersama dengan Mack. Sementara Doc – yang kembali mengenakan tampilan pembalapnya di masa lalu – menjabat sebagai kepala kru baru McQueen. Tersentuh dengan kehadiran mereka dan mengingat trik-trik yang mereka ajarkan (seperti mengemudi mundur dari Mater dan kemampuan berjalan menggelosor di tanah yang diajarkan Doc), McQueen mampu mengatasi taktik kotor Hicks Chick dan mampu memimpin perlombaan. Pada putaran akhir, Chick, muak berada di tempat kedua, sengaja menyeruduk The King, membuatnya keluar dari jalur dan berjumpalitan dalam kecelakaan yang mengerikan dan mengagetkan orang banyak.

McQueen, yang melihat kecelakaan The King, berhenti hanya beberapa senti dari garis finish dan membiarkan Chick menjadi juara. McQueen teringat akan kecelakaan yang dialami Doc yang membuatnya berhenti sebagai pembalap, maka ia mundur kembali untuk membantu mendorong The King melintasi garis finish sehingga dapat menyelesaikan lomba terakhirnya dan pensiun dengan lebih bermartabat. Adapun Chick, kemenangannya malah dicemooh akibat serudukan yang sengaja ia lakukan pada The King. Gelar juara dan piala Piston yang diraihnya menjadi tak berarti.

            Sepenggal cerita dari The Cars ini dan teori maka dapat dilihat bahwa anak usia 7 tahun merupakan masa dimana mereka memiliki atau mencari teman yang banyak sehingga anak dituntut untuk memahami temannya satu sama lain dan dituntut agar cepat memaafkan jika ada teman yang salah serta selalu tolong-menolong antar sesama.

            Crayon Shinchan adalah cerita biasa sekitar kenakalan anak yang lucu dalam
sebuah keluarga kecil Jepang, bentuknya juga sederhana karena hanya  merupakan komik kartun lukisan crayon yang kemudian difilmkan. Shinchan adalah anak kecil taman kanak-kanak berumur 5 tahun yang lucu dan  nakal, namun kenakalannya melebihi anak seumurnya sehingga sering  menimbulkan masalah bagi orang disekitarnya seperti ayah, guru, teman-temannya, dan terutama pada ibunya sendiri. ada banyak contoh dalam serial Shinchan mengenai perilaku dan  ucapannya yang sebenarnya bukan perilaku dan ucapan anak kecil, seperti  ketika akan ke sekolah disuruh membawa saputangan, yang dibawanya adalah celana dalam ibunya, demikian juga ketika disuruh memakai topi untuk ke  sekolah, Shinchan mengambil celana dalam ibunya dan dipasang dikepalanya.  Ketika Shinchan pipinya dicubit ibunya, ia memaki ibunya dengan ucapan  "nenek kejam", bahkan dikala ibunya dipuji disitu bisa juga terlontar  kata-kata sinis seperti: "Mama cantik, kulitnya kasar seperti ikan hiu."

            Dari film ini dapat dilihat bahwa anak usia 7 tahun juga masih meniru perilaku yang dilihatnya atau ditontonnya, dalam hal ini anak akan mudah meniru apa yang dilakukan Shinchan sehingga perilaku yang ditimbulkan adalah perilaku yang tidak baik. Di film ini juga menceritakan bagaimana kehidupan sekolahnya, film ini juga mengajarkan rasa saling memaafkan yaitu pada saat Shinchan melakukan kesalahan kepada Boo namun Boo lama kelamaan memaafkan kesalahan Shinchan tersebut. Film ini juga mengajarkan kerja sama misalnya dalam salah satu episode Shiroo (anjing Shinchan) hilang, lalu ia dan teman-temannya mencarinya.

My opinion / conclusion :

Saya lebih menyukai The Cars karena banyak mengajarkan hal yang baik dan pengambilan keputusan atas masalah yang terjadi juga mudah dimengerti serta jalan ceritanya juga menarik untuk anak-anak.

Saya kurang menyukai Crayon Shinchan karena film ini berisi lebih banyak hal-hal negative/ kenakalan yang bukan sewajarnya untuk anak-anak sehingga film ini dapat memberikan contoh negative untuk anak-anak yang menontonnya.
Nama: Catherina Ayu K
NIM: 115120307111018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar